SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Disusun oleh:
1.
Faris Ismail (1310208220)
2.
Silvia Cendana R.E.W (1310208314)
3.
Bella Aristya M (1310208315)
4. Sofyani
Putri Y (1310208474)
5.
Nana Indriyana Lahay (1310208479)
6.
Zulia Zufi P (1310208649)
S1 MANAJAMEN
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA
SURABAYA
2016
RINGKASAN
MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASIDALAM MENJALANKAN PERDAGANGAN ELEKTRONIK
(E-COMMERCE)
1.
Perdagangan
Elektronik
Beberapa
orang mendefinisikan perdagangan elektronik (yang disebut juga e-commerce)
dengan sangat sempit. Definisi yang sempit seperti ini mengartikan bahwa hanya
transaksi-transaksi yang melintasi batas perusahaan saja yang dapat
diklasifikasikan sebagai e-commerce. Jika suatu transaksi tetap berada didalam
batas perusahaan, orang0orang ini akan menyebutnya sebagai transaksi bisnis
elektronik. Kita akan melihat pandangan luas e-commerce, yaitu bahwa e-commerce
dapat memfasilitasi operasi internal maupun eksternal perusahaan. Dalam
definisi luas kita ini, suatu transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan,
sistem berbasis komputer, dan antarmuka (interface) sebuah browser Web akan
memenuhi persyaratan sebagai perdagangan elektronik (e-commerce).
Ø E-commerce
di Luar Batas Perusahaan
E-commerce bisnis-ke-konsumen
(business-to-cunsumer-B2C) mengacu pada transaksi-transaksi yang terjadi antara
sebuah bisnis dan konsumen akhir produk, sedangka e-commerce bisnis-ke-bisnis (business-to-business-B2B)
mengacu pada transaksi-transaksi antar bisnis dimana tidak ada pihak yang
menjadi konsumen. Transaksi B2C membutuhkan perbedaan desain yang mendasar
sedangan transaksi B2B melibatkan jumlah orang yang relatif sedikit.
Ø Manfaat-manfaat
yang diharapkan dari E-commerce
Perusahaan melaksanakan e-commerce
untuk dapat mencapai perbaikan organisasi secara keseluruhan.
Perbaikan-perbaikan ini diharapkan merupakan hasil dari tiga manfaat utama:
· Perbaikan
layanan pelanggan sebelum, selama, dan setelah penjualan
· Perbaikan
hubungan dengan pemasok dan komunitas keuangan
· Peningkatan
imbal hasil ekonomis atas pemegang saham dan investasi pemilik
Laba
adalah hasil dari sebuah organisasi yang mencapai tujuannya, e-commerce adalah
sarana pendukung yang kuat yang dapat membantu organisasi mencapai tujuannya.
Ø Kendala-kendala
E-commerce
Ketika ditanyakan mengenai alasan
dari kehati-hatinya, perusahaan menyebutkan tiga kendala, yaitu :
· Biaya
yang tinggi
· Kekhawatiran
akan masalah keamanan
· Peranti
lunak yang belum mapan atau belum tersidia
Keamanan
adalah satu masalah bagi transaksi B2B dan B2C. Perusahaan umumnya menggunakan
jaringan telekomunikasi yang aman yang dimonitor terus-menerus untuk akses yang
tidak terotorisasi, jaringan-jaringan ini telah terbukti sangat aman bagi
perusahaan-perusahaan besar.
Ø Ruang
Lingkup E-commerce
E-commerce bersifat dinamisdan
ruang lingkup pengaruhnya dapat berubah dalam waktu hanya beberapa bulan.
E-commerce memiliki arti penting
khususnya bagi beberapa segmen tertentu. E-commerce telah mencapai tingkat
pertumbuhan tahunan lebih dari 15 persen setiap tahunnya selama lima tahun
terakhir. Tingkat pertumbuhan ini dapat mengalami perlambatan pada waktu
tertentu, tetapi kemungkinan akan terus berlanjut selama beberapa tahun mendatang.
Jumlah dampak perekonomian akan bervariasi dari satu industri ke insdustri
lainnya.
Ø Jalan
Menuju E-commerce
Ketika sebuah perusahaan merasa
bahwa manfaat yang diharapkan lebih besar daripada biaya dan memutuskan untuk
mengimplementasikan e-commerce, perusahaan tersebut menyadari bahwa
implementasi yang akan dilakukan bisa jadi merupakan suatu pekerjaan yang
besar. Rencana bisnis strategis akan membakukan komitmen untuk menggunakan
e-commerce guna meraih keunggulan kompetitif.
2.
Inteligensi
Bisnis (Business Intelligence)
Intelegensi
Bisnis adalah aktivitas pengumpulan informasi mengenai unsur-unsur didalam
lingkungan yang berinteraksi dengan perusahaan.
Ø Basis
Data Internal
Perusahaan menggunakan basis data
ini untuk mendapatkan kecerdasan bisnis karena ia lebih cepat dan lebih murah
daripada meneliti beragam jenis sumber informasi. Reuters (www.reuters.com)
dapat mencari dan menganalisis media berita untuk subyek-subyek yang menjadi
perhatian bagi sebuah perusahaan dengan lebih efektif dan efisien daripada yang
dapat dilakukan oleh kebanyakan perusahaan. Basis data pemerintah juga
merupakan sumber informasi yang sangat penting. Perpustakan kongres menawarkan
berbagai topik bagi para periset dibanyak bidang. Biro sensus yang memuat harta
karun informasi menyangkut demografi penduduk di amerika serikat.
Ø Mesin
Pencari
Suatu mesin pencari adalah suatu
program komputer khusus yang menanyakan satu kata atau kelopmpok kata kepada
pengguna untuk dicari. Program ini kemudian mencari isi situs-situs Web
internet untuk melihat apakah kata atau kata-kata tersebut terdapat situs-situs
tersebut. Sebagai contoh, anda mungkin menggunakan mesin pencari untuk
menemukan ketersediaan kamar hotel. Konsumen yang tertarik dalam e-commerce B2C
sering kali memulai transakisi mereka dengan menggunakan mesin pencari untuk
menemukan calon vendor. Mesin pencari lalu memperkirakan seberapa bermanfaatkan
situs yang mengandung kata-kata yang dicari dan menyajikan penanya dengan
alamat-alamat situs Web dan dokumen-dokumen yang memuat kata-kata yang telah
dipilih.
Ø Strategi
E-commerce dan Sistem Interorganisasional
Strategi ini dimana unsur-unsur
yang ada dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Nama yang diberikan untuk
strategi ini adalah sistem interorganisasional (interorganizational system-IOS)
E-commerce merupakan suatu hal yang
fundamental bagi sistem interogranisasional. E-commerce dan IOS atau EDI dalah
bebas hambatan bagi sistem interorganisasional.
Ø Manfaat
IOS
· Efisiensi
Komporatif
Dengan bergabung dalam IOS, para
sekutu dagang dapat memproduksi barang dan jasa dengan tikat efisiensi yang
lebih tinggi dan memberikan barang dan jasa para sekutu di dalam IOS keunggulan
harga diatas para pesaingnya.
· Efisiensi
Internal
Terdiri atas perbaikan dalam
operasi-operasi perusahaan itu sendiri, sehingga memungkinkan perusahaan
mengumpulkan dan menganalisis data dengan cepat dan mengambil keputusan dengan
cara yang lebih cepat lagi.
· Efisiensi
Interorganisasional
Meliputi perbaikan-perbaikan yang
diperoleh melalui kerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain
Ø EDI
EDI terdiri atas transmisi data
langsun komputer ke komputer dalam suatu format struktur yang dapat dibaca oleh
mesin. Meskipun EDI merupakan teknologi yang lama, ia tetap penting karena
memfasilitasi sebagai besar mayoritas perdagangan B2B.
EDI adalah implementasi dominan
dari suatu IOS. Lebih dari dua pertiga e-commerce dilaksanakan dengan
menggunakan EDI, jika dibandingkan dengan alternati-alternatis IOS lainnya.
Ø Ekstranet
Ekstranet adalah cara lain dari
membuat suatu IOS. Cara ini memungkinkan dibaginya informasi berbasis komputer
yang sensitif dengan perusahaan lain dengan menggunakan teknologi informasi
yang pada umumnya sihubungkan dengan internet. Perusahaan menggunakan ekstranet
melalui kolaborasi dengan pemasok-pemasok dan pelanggan-pelanggan besar yang
dapat dipercaya.
Ø Pengaruh
Penerapan
Faktor-faktor yang dapat
mempengaruhi keputusan untuk menerapkan suatu IOS. Mereka mengidentifikasi
empat faktor yaitu :
· Tekanan
Kompetitif
Ketika perusahaan berada dalam
suatu posisi yang buruk terhadap para pesaingnya atau, perusahaan yang akan
menerapkan IOS seperti EDI, dengan cara yang reaktif.
· Penggunaan
Kekuasaan
Ketika perusahaan dapat
melaksanakan kekuasaannya atas anggota yang lain, ia akan proaktif dalam
menerapkan IOS.
· Kebutuhan
Internal
Ketika perusahaan sadar bahwa
partisipasi dalam IOS merupakan salah satu cara untuk meningkatkan operasinya,
perusahaan tersebut akan melakukan pendekatan atas IOS dengan cara yang
proaktif.
· Dukungan
Manajemen Puncak
Tanpa melihat apakah perusahaan
tersebut bertindak dengan cara reaktif atau proaktif, dukungan manajemen puncak
selalu akan mempengaruhi keputusan. Ketika manfaat-manfaat yang signifikan dari
IOS mengambil bentuk yang tidak terwujud, dukungan manajemen puncak menajadi
suatu hal yang penting.
3.
Strategi
B2C Untuk E-commerce
Nilai
uang E-commerce B2B membuat nilai uang e-commerce B2C terlihat begitu kecil.
Hanya sekitar 6 persen dari nilai e-commerce dihasilkan oleh B2C. Jdi, mengapa
memahami stragtegi bisnis untuk e-commerce begitu penting?
Dua
alasan adalah semakin banyaknya jumlah produk dan jasa yang tersedia untuk
pengiriman digital dan semakin banyaknya pelanggan yang mampu mengatasi
keengganan mereka untuk melakukan pembelian menggunakan Web. Kecepatan
komunikasi yang lebih cepat bagi komputer-komputer rumahan juga telah membuat
pengiriman produk-produk digital menjadi lebih praktis.
Ø Produk
Digital
Beberapa produk dan jasa tertentu
dapat dikirimkan kepada pelanggan melalui internet, dunia hiburan telah menjadi
salah satu produk awal yang mengambil manfaat dari internet. Suatu perbedaan
utama antara pembeli produk-produk digital dengan produk-produk fisik melalui
Web adalah bahwa produk digital dapat digunakan begitu selesai didownload.
Perbedaannya lainnya adalah bahwa produk itu sendiri akan berpindah keaset
pembelinya. Pembeli produk digital menanggung biaya transaksi yang subtansial
dilihat dari segi biaya komputer, biaya koneksi online, media penyimpanan, dll.
Ø Produk-produk
Fisik
Barang-barang fisik tidak dapat
dikonsumsi melalui web, sebagai gantinya harus dikirimkan ke pelanggan. Pos
paket sering kali menjadi jasa paling murah yang diberikan, tetapi biasanya
membutuhkan waktu pengiriman yang paling lama. Berkembangnya
perusahaan-perusahaan pengiriman surat/barang swasta seperti FedEx dan UPS telah
secara langsung membantu e-commerce eceran. Pelanggan dapat menggunakan situs
web pengirim untuk melacak status kemajuan paket dari perusahaan sampai
pengirimannya hingga ke depan pintu rumah mereka. Jika perusahaannya
menggunakan pengiriman “3-10 hari kerja” antara pembelian dan pengiriman yang
tidak jelas, maka ia dapat menjadi satu rintangan bagi penjualan B2C. Pelacakan
secara online dapat membuat penjualan B2C menjadi lebih menarik.
Ø Penjualan
Maya versus campuran
Penjualan maya (virtual sales)
adalah penjualan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang tidak mengoprasikan
tempat berjualan fisik. Dengan penjualan maya, tidak ada toko diman pelanggan
dapat masuk dan membeli produk. Penjualan campuran (hybrid sales) terjadi
ketika perusahaan memiliki tempat berjualan secara fisik dan situs Web dimana
pelanggan dapat membeli produk. Kedua strategi penjualan eceran ini perlu
menginformasikan biaya dan fitur produk kepada pelanggan, mengatur pembayaran
pelanggan, dan menghasilkan pengiriman produk.
Penjualan maya sering digunakan
ketika perusahaan tidak dapat membangun sebuah tempat berjualan fisik atau
menemukan tempat berjualan fisik yang layak secara ekonomis. Penjualan campuran
terkadang disebut sebagai operasi brick and click. Kebanyakan perusahaan
memiliki tempat berjualan karena biasanya hal tersebut dibutuhkan untuk rencana
bisnisnya.
Ø Pemerintah
Elektronik
Pemerintah juga dapat mengambil
manfaat e-commerce. Satu contoh adalah Polk County di Florida. Kantor pajak
Polk County menggunakan layanan online untuk melelang sertifikat pajak bumi dan
bangunan pada tahun 2005. Sertifikat pajak adalah cara bagi pemerintah daerah
untuk mengalih pajak bumi dan bangunan yang belum dibayar. Pemerintah daerah
akan menentukan kapan pembeli sertifikat dapat mengklaim properti jika pajak
yang tertunggak tidak pernah dibayarkan.
4.
Menggunakan
Internet
E-commerce
tidak akan mungkin terjadi tanpa adanya jaringan yang menghubungkan pelanggan
dengan organisasi. Awal mula internet dapat ditarik balik hingga tahun1969,
ketika pemerintahan AS membuat suatu jaringan yang disebut dengan ARPANET.
Usaha-usaha yang diawali tahun 1989 mengarah pada apa yang kita kenal hari ini
sebagai World Wide Web. ARPANET menunjukan bahwa permintaan dan penerimaan data
oleh seseorang melalui suatu jaringan yang kompleks yang melibatkan banyak
komputer dan koneksi jaringan adalah suatu hal yang mungkin dilakukan.
Ø World
Wide Web
Seorang ilmuan yang bekerja di CERN,
Laboratorium Fisika Partikel Eropa, menemukan cara yang lebih baik bagi para
fisikawan untuk saling berkomunikasi. World Wide Web atau yang disebut dengan
WWW adalah informasi yang dapat diakses melalui internet dimana dokumen-dokumen
hypermedia (file-file komputer) disimpan dan kemudian diambil dengan cara-cara
yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik.
· Situs Web,
sekumpulan halaman web (biasanya terdapat pada komputer) yang terhubung dengan
internet dan menyimpan file-file hypermedia yang dapat diakses dari komputer
lain didalam jaringan melalui link hypertext.
· Link Hypertext,
halaman pertama suatu situs yang terdiri atas text atau grafik yang digunakan
untuk mengakses hypertext yang disimpan disebuah alamat situs Web.
· Halaman Web,
Suatu file hypermedia yang tersimpan pada suatu alamat situs Web yang unik.
· Home Page,
halaman pertama suatu situs Web. Halaman-halaman situs yang lain akan dapat
dijangkau dari home page.
· Browser,
peranti lunak yang dirancang untuk menemukan dan membaca file-file internet
yang ditulis dalam bahasa hypertext (hypertext markup language-HTML)
· Universal Resorce
Locator (URL), alamat unik suatu situs Web.
· Protokol,
Sekumpulan standart yang mengatur komunikaso data
· Nama Domain,
alamat situs web dimana sebuah halamana web tersimpan
· Path,
suatu direktori/subdirektori dan file tertentu disitus Web.
Netscape navigator adalah browser
awal yang digunakan untuk melihat kandungan web danb masih dipergunakan hingga
saat ini. Browser internet yang populer saat ini adalah Internet Explorer dari
Micrososft.
Ø Standar
Internet
Salah satu alasan utama mengapa
internet dan Web telah diterima dengan tangan terbuka oleh para pengguna
komputer diseluruh dunia adalah karena keduanya bekerja sama sebagai satu
sistem tunggal yang dapat digunakan dari platform komputer apapun. Dua
organisasi telah mengambil peran kepemimpinan dalam menciptakan standar-standar
internet dan Web. Masyarakat internet dibentuk pada tahun 1992 untuk
mempromosikan penggunaan internet secara komersial dan telah mendelegasikan
tanggung jawab mengenai standar-standar internet kepada Internet Engineering
Task Force- IETF. Sedangkan standar Web berasal dari World Wide Web Consortium (W3C).
Ø Aplikasi
bisnis Internet
Secara sederhana, internet dapat
digunakan untuk setiap aplikasi bisnis yang melibatkan komunikasi data,
termasuk komunikasi di dalam perusahaan maupun organisasi, internet dapat
digunakan oleh semua jenis platform komputer tanpa harus melakukan upaya
khusus. Ini merupakan satu keunggulan yang penting. Pertumbuhan jumlah situs
internet yang fenomenal telah menjadikan internet sebagai sumber informasi yang
tidak dapat diabaikan.
Ø Aplikasi
Ritel
Aplikasi bisnis Web yang paling dikenal
masyarakat adalah Ritel. Sebagian besar rantai ritel besar telah hadir di Web.
aplikasi ini banyak diharapka untuk menargetkan produk-produknya pada pelanggan
dengan kelas yang lebih tinggi daripada yang biasanya berbelanja ditoko-toko.
Ø Saran-Saran
Keberhasilan Penggunaan internet
Meskipun web masih berusia relatif
muda, perusahaan-perusahaan telah mengidentifikasikan beberapa kunci
keberhasilan penggunaanya. Para eksekutif yang membuat keputusan strategis bagi
perushaan hendaknya mempertimbangkan tips-tips berikut ini:
· Pastikan
situs web anda kuat
· Pastikan
browser dan struktur basis data anda fleksibel maupun intuitif
· Menekan
isi
· Sering
diperbarui
· Melihat
diluar pelanggan
· Tujukan
isi pada kebutuhan spesifik pengguna
· Menjadikan
internet intuitif
· Berada
dilokasi Web yang tepat
· Ciptakan
rasa kebersamaan
· Carilah
bantuan jika anda membutuhkannya
Ø Dampak
Internet pada bisnis di masa akan datang
Para pengguna internet adalah satu
kelompok yang beragam. Banyak masih berusia muda, namun yang berusia tua (dengan
lebih banyak penghasilan untuk dibrlanjakan) memiliki dampak subtansial pada
ramalan ekonomi e-commerce. Bahkan ketika uang tidak langsung dibelanjakan
secara online.
5.
Kebutuhan
Organisasi akan Keamanan dan Pengendalian
Dalam
dunia masa kini, banyak organisasi semakin sadar akan pentingnya menjaga
seluruh sumber daya mereka, baik bersifat virtual maupun fisik, agar aman dari
ancaman baik dalam maupun luar. Isu yang pertama adalah keamanan versus hak-hak
individu. Tantangannya adalah bagaimana mengimplementasikan keamanan yang cukup
serta alat-alat pengendalian yang tidak melanggar hak individu yang dijamin
oleh konstisusi. Isu yang kedua adalah keamanan versus ketersediaan. Isu ini
sangat menonjol pada bidang pelayanan medis.
Isu-isu
keamanan amat sulit untuk dipecahkan dan akan mendapatkan perhatian yang lebih
tinggi di masa yang akan datang.
6.
Keamanan
Informasi
Keamanan
informasi digunakan untuk mendeskripsikan perlindungan baik peralatan komputer
dan non komputer, fasilitas, data dan informasi dari penyalahgunaan pihak-pihak
yang tidak berwenang.
Ø Tujuan
Keamanan Informasi
· Kerahasiaan
· Ketersediaan
· Integritas
Ø Manajemen
Keamanan Informasi
Aktivitas untuk menjaga agar sumber
daya informasi tetap aman disebut manajemen
keamanan informasi, sedangkan aktivitas untuk menjaga agar perusahaan dan
sumber daya informasinya tetap berfungsi setelah adanya bencana disebut manajemen keberlangsungan bisnis (business
continuity management – BCm).
CIO adalah orang yang tepat untuk
memikul tanggung jawab atas keamanan informasi, namun kebanyakan organisasi
mulai menunjuk orang-orang tertentu yang dapat mencurahkan perhatian penuh
terhadap aktivitas ini. Jabatan direktur keamanan sistem informasi perusahaan
digunakan individu didalam organisasinya, biasanya anggota dari unit sistem
informasi, yang bertanggung jawab atas keamanan sistem informasi perusahaan
tersebut.
7.
Ancaman
Keamanan Informasi
Ancaman
keamanan informasi sendiri adalah orang, organisasi, mekanisme, atau peristiwa
yang memiliki potensi untuk membahayakan sumber daya informasi perusahaan.
Ø Ancaman
Internal dan Eksternal
Ancaman internal bukan hanya
mencakup karyawan perusahaan, tetapi juga pekerja temporer, konsultan,
kontraktor, dan bahkan mitra bisnis perusahaan tersebut.
Ancaman internal diperkirakan
menghasilkan kerusakan yang secara potensi lebih serius jika dibandingkan
dengan ancaman eksternal, dikarenakan pengetahuan ancaman internah yang lebih
mendalm akan sistem tersebut.
Ø Jenis
Ancaman
Semua orang pernah mendengar mengenai
virus. Virus adalah program komputer yang dapat mereplikasi dirinya sendiri
tanpa dapat diamati oelh si pengguna dan menempelkan salinan sirinya pada
program-program dan boot sector lain. Tidak seperti virum, worm (cacing) tidak
dapat mereplikasi dirinya sendiri didalam sistem, tetapi dapat menyebarkan
salinannya melalui e-mail.
Ø Risiko
Risiko Keamanan Informasi
didefinisikan sebagai potensi output yang tidak diharapkan dari pelanggran
keamanan informasi oleh ancaman keamanan informasi. Semua risiko mengalami
tindakan yang tidak terotorisasi. Risiko-risiko ini dibagi menjadi empat yaitu:
· Pengungkapan
informasi yang tidak terotoritasi dan Pencurian
· Penggunaan
yang tidak terotorisasi
· Penghancuran
yang tidak terotoritasi dan penolakan layanan
· Modifikasi
yang tidak terotorisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar